suku-boti-indonesia

Desa Boti Indonesia, Pencuri di modalin Raja

Beautiful IndonesiaSuku Boti adalah salah satu suku tertua dan berasal dari Nusa Tenggara Timur dan merupakan keturunan dari suku asli pulau Timor, Atoni Metu.

Suku Boti

Suku Boti

Kehidupan masyarakat suku Boti sangat jarang didengar karena keberadaan tempat mereka yang jauh dari perkotaan dan sulit dicapai karena berada di tengah pegunungan.

Masyarakat Boti mendiami Desa Boti kecamatan Kie yang terletak kurang lebih 40 km dari kota So’e kabupaten Timor Tengah Selatan. Karena letaknya yang sulit dicapai di tengah pegunungan, Desa Boti seakan tertutup dari peradaban modern dan perkembangan zaman.

 

Masyarakat suku Boti terbagi menjadi dua kelompok yaitu suku Boti dalam dan suku Boti luar. Perbedaan kedua kelompok tersebut adalah :

  1. Orang Boti Dalam tinggal di areal tersendiri berpagar kayu, sedangkan suku Boti Luar menyebar di berbagai lokasi di luar desa Boti dalam.
  1. Masyarakat Boti dalam masih sangat menjunjung tinggi adat dan kebudayaannya. Bagi mereka yang keluar dari suku maka akan diadili, dikucilkan, atau bahkan diusir. Laki-laki suku Boti yang sudah menikah diarang untuk memotong rambut. Rambut mereka dibiarkan panjang dan diikat dengan bentuk menyerupai konde.

Di Boti tak ada pencuri. Hewan ternak yang tak diberi kandang pun tak pernah ada yang mencuri. Tak hanya sapi, kambing, kendaraan milik warga di jalanan pun tak ada yang mencuri. “Kalau ada yang mencuri kambing, kita beri mereka kambing agar sama dengan warga lain,” Sebuah penjelasan oleh Raja Boti mengenai Pencuri yang berada di Boti.



There are no comments

Add yours