Beautifulindonesia.com — Penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara ( FKN ) XI memberikan dampak langsung terhadap geliat ekonomi masyarakat serta meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon, Jawa Barat yang tahun ini sebagai tuan rumah. Kegiatan FKN IX yang berlangsung selama lima hari, 15 hingga 19 September 2017, tersebut dimeriahkan dengan gelaran kesenian dan kebudayaan dari 50 kesultanan dan raja-raja yang ikut dalam festival budaya tersebut.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Esthy Reko Astuti mengatakan, FKN ke-9 merupakan salah satu festival budaya menjadi bagian dari Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia yang turut serta mendukung target pariwisata nasional mendatangkan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 165 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada tahun ini.

“FKN selain sebagai sarana pelestarian budaya nusantara, juga menjadi sarana promosi pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Cirebon,” kata Esthy Reko Astuti saat menghadiri  pembukaan FKN oleh Sultan Sepuh ke-14 Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat.

Sultan Sepuh ke-14 Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengharapkan agar kegiatan FKN di Cirebon berlangsung lebih meriah serta memberikan banyak manfaat bagi masyarakat secara ekonomi dan pariwisata, selain lebih mengenalkan peninggalan raja-raja berupa kesenian daerah maupun nilai-nilai budaya sebagai aset budaya bangsa.

Selama lima hari berlangsungnya FKN VI dimeriahkan dengan sejumlah acara berupa pegelaran seni dan budaya bernuansa keraton antara lain; Kirab Agung Prajurit Keraton, Pegelaran Kesenian Keraton, Pagelaran Upacara Adat Keraton, Pagelaran Busana Keraton, Pameran Benda-Benda Pusaka Keraton, dan Pertemuan Raja/Sultan Nusantara.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut berlangsung di 3 keraton yang ada di Cirebon yaitu; Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Kacirebonan. Beberapa titik tempat milik Keraton juga di persiapkan seperti Taman Air Sunyaragi menjadi tempat utama dalam mendukung pelaksanaan FKN XI. Selama lima hari kegiatan festival berlangsung diperkirakan akan menarik sekitar 10.000 pengunjung.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Cirebon tahun 2016 sebanyak 6.831 orang atau naik sebesar 75% dibandingkan tahun 2015 sebanyak 1.710, sementara kunjungan wisnus pada tahun 2015 sebanyak 481.223 orang. Selama berlibur di Cirebon, wisatawan mengunjungi obyek wisata antara lain keraton, Kampung Batik Trusmi, serta menikmati kuliner khas Cirebon antara lain empat gentong.

Dede Murdy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here