Tiu Kelep WaterfallBeautifulindonesia.news – Air, air dan air, tiada hentinya alam ini memberikan keindahan pada manusia. Banyak tempat wisata air yang tersedia, khususnya di Indonesia. Kali ini, pecinta petualang akan disuguhkan dengan pemandangan agung  Air Terjun Tiu Kelep.

Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian hingga 42 meter. Aliran air terjunnya cukup deras dengan besarnya kolam alami yang terbentuk sebagai wadah dibawahnya. Meskipun kedalamannya hanya sepinggang orang dewasa, namun, dasar kolam yang lembut memungkinkan pengunjung untuk dapat berenang.

Air Terjun Tiu Kelep diapit oleh Air Terjun Sendang Gila dan Air Terjun Batara Lejang. Posisi yang cantik, dimana aliran Air Terjun Batara Lejang menjadi kecantikan Air Terjun Tiu Kelep, sedangkan Air Terjun Sendang Gila merupakan aliran air dari jatuhnya Air terjun Tiu Kelep.

Air Terjun Tiu Kelep merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Air Terjun ini bersumber dari Danau Segara Anak di Puncak Gunung Rinjani. Air terjun ini memiliki sebuah mitos, dimana jika pengunjung mandi di dalamnya, akan mendapatkan berkah awet muda. Benar atau tidak, mari kita buktikan.

AKtivitas yang dapat dilakukan tentunya berenang (mandi) dan tracking. Menyusuri jalan setapak yang berbatu-batu, menembus hutan, mendaki bebatuan besar dan batang pohon hingga menyebrangi sungai yang berbatu dan licin serta menikmati gemuruh derasnya alunan air terjun.

Disarankan untuk membawa perbekalan, pakaian ganti dan guide. Hal itu dikarenakan tidak adanya toilet dan penjaja makanan ataupun minuman di sekitar. Tiket masuk kawasan sebesar Rp  5.000/orang.

Seperti dijelaskan sebelumnya, jika Air Terjun Kelep merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, maka, lokasi terletak tepat di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Akses menuju lokasi membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan melalui Kota Mataram. Meskipun  memiliki dua alternatif jalan, akan tetapi keduanya tidak tersedia angkutan yang menuju langsung ke lokasi. Dengan demikian, para traveler disarankan untuk menyewa kendaraan yang banyak tersedia di pusat kota, Mataram atau Cakranegara. Lebih bagus jika memiliki relasi setempat,  dengan senang hati mereka akan memandu menuju lokasi.

Penulis : Anggi Kusuma

Editor   : Murdiyatno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here