Pencapaian dan Strategi Deputi BP3M Kemenpar

Beautifulindonesia.com – Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (BP3M) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali mengadakan sosialisasi mengenai pencapaian pemasaran pariwisata mancanegara kepada sejumlah media nasional, kali ini mengambil lokasi di Kota Malang, Jumat (10/11/2017).

Dalam pemaparannya kepada media, I Gde Pitana selaku Deputi BP3M Kemenpar terus berupaya mempromosikan potensi pariwisata NUsantara dengan harapan tahun depan semakin banyak wisatawan mancanegara yang (wisman) tertarik datang ke beragam destinasi wisata di Indonesia.

“Tahun ini target knjungan wisman 15 juta, naik 3 juta dari capaian tahun 2016, yakni 12 juta. Saya optimistis tercapai, karena ada program yang sedang berjalan atau dilaksanakan pada Oktober-Desember atau triwulan IV pada tahun ini,” ujar Pitana.

Untuk mencapai target tersebut stategi pemasaran dan promosi pariwisata terus dilakukan, pendekatannya menggunakan DOT (Destination, Original, dan Time), promotion strategy dengan BAS (Branding, Advertising, dan Selling). Sementara untuk media strategy, menerapkan POSE (paid, owned, social media, dan endorser). “Strategi media dilakukan pada pasar utama di antaranya dengan berpartisipasi pada event pameran pariwisata internasional untuk mempromosikan Wonderful Indonesia,” Kata Pitana.

Optimisme juga di dukung dengan Fokus Hard Selling, tahun 2017 ini Kemenpar lebih fokus pada kegiatan hard selling. “Setelah dua tahun terakhir fokus membangun branding Wonderful Indonesia, pada tahun ini lebih fokus pada kegiatan hard selling dan kerjasama dengan airlines dan wholesalers,” tambahnya.

Dalam waktu dekat dipenghujung tahun ini, kegiatan pemasaran yang akan dilaksanakan di pasar Asia Tenggara, antara lain Promosi Sail Sabang di Malaysia dan Thailand, serta dukungan   pelaksanaan Sail Sabang pada 1-5 Desember 2017.

Kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan adalah Promosi Paket wisata dalam rangka annual meeting IMF-WB   2018, Festival Wonderful Indonesia di Oman, Qatar, Equador dan Europalia, WTM London, DEMA Show, Moscow Halal Expo, dan International Luxury Travel Market di Cannes.

Deputi BP3M Kemenpar itu juga telah melaksanakan promosi pariwisata di berbagai media di dunia antara lain; pemasangan iklan di media online (Google, TripAdvisor, Facebook, Baidu, Xinhua, Lonely Planet), pemasangan iklan di TV & radio (7 televisi tiap negara pasar 8 televisi internasional, dan pemasangan iklan di kompetisi sepakbola LaLiga).

Pemasangan iklan di media cetak internasional (The Strait Times, Al Tijara, Hindustan Times, Bloomberg, New York Times,TIME),   pemasangan   iklan   di media ruang (Tram  di  Amsterdam,   Bis  di Paris, LED di Dubai, Billboard di Times Square, Amerika, Ferry di Perth, Australia), serta mendukung pembuatan TVC Asian Games 2018 dan TVC Europalia.

Dalam kesempatan itu, I Gde Pitana juga menyampaikan keberhasilan Indonesia memperoleh 2 award pada perhelatan WTM London. “Dua tahun berturut-turut (2016-2017) Indonesia memperoleh  penghargaan Best Dive Destination dari majalah Dive Magazine yang diterima pada tanggal 6 November 2017. Selain itu pada tanggal 7 November 2017 lalu, Bali juga memperoleh penghargaan Best Agent Choice Award pada katagori Destination for Spa & Wellness dari Selling Travel.

Dede Murdy



There are no comments

Add yours