DestinasiKecantikan

Pesona Lain Bernama Lagon Cabe

Matahari waktu itu sudah semakin tinggi dan menampakkan kegagahannya dengan sinar yang menyengat. Pukul 9 pagi kami mulai turun dan kembali ke pos penjaga untuk melanjutkan ke spot snorkling yang jadi primadona banyak orang ketika berkunjung ke Gunung Anak Krakatau. Tak perlu waktu lama, hanya 15 menit, Lagon Cabe terletak di sisi timur Gunung Krakatau. Bagi saya yang baru pertama kali, tidak mudah melihat taman bawah laut ini. Padahal biasanya spot snorkeling akan mudah terlihat dari atas kapal karena letak terumbu karang yang tidak terlalu dalam.

Saya perlu mengumpulkan keberanian sebelum nyebur ke laut dan menyelam tanpa menggunakan pelampung. Maklum saya cukup kaget ketika ABK kapal memberi info kalau kedalamannya antara 3-5 meter. Bahkan di bagian legok-nya (dasar cekung dan lebih dalam) kedalamannya bisa mencapai 6-10 meter – cukup membuat nyali ciut karena saya phobia ketinggian. Tapi sayang kalau sudah jauh-jauh menempuh perjalanan tapi tidak menikmati Lagon Cabe.

Saya harus menyelam cukup dalam untuk melihat keindahan taman laut di Lagon Cabe. Tidak terlalu banyak warna, tapi saya melihat cukup banyak anemon berwarna coklat tumbuh di atas batu karang besar. Saya menaruh perhatian khusus kepada anemon ini, karena pasti ada ikan badut bersembunyi. Beruntungnya insting saya benar, dan menyenangkan sekali bisa bertemu satu kelompok ikan badut yang berjumlah 3 ekor dalam satu sarang. Warna ikan juga coklat bergaris putih, mengikuti warna anemon – cara bertahan hidup yang bagus.

Beberapa kali saya juga memberanikan diri menyelam lebih dalam untuk melihat beragam jenis karang – mungkin hingga kedalaman 5 meter. Banyak jenis yang Anda lihat ketika menyelam lebih dalam. Bentuk beragam, mulai dari susunan batang yang membentuk seperti payung besar, rumput laut yang tumbuh di koral besar, dan terumbu dengan beranekan ragam. Cahaya matahari yang terang dan cuaca yang bersahabat membuat visibilitas di dalam begitu jelas.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close