Beautifulindonesia.news – Wonderful Indonesia tampil dan dipromosikan di ajang Asia-Pacific Incentives and Meetings Expo (AIME) yang digelar pada 21-22 Februari 2017 di Melbourne, Australia. Upaya itu dilakukan untuk mempromosikan pariwisata sekaligus menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara dari Australia sebagai salah satu negara fokus pasar pariwisata Indonesia.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Vinsensius Jemadu, mengatakan Wonderful Indonesia akan dipromosikan dalam ajang AIME.

“Kami akan memanfaatkan momentum di AIME untuk menggalang lebih banyak wisman Australia berkunjung ke Indonesia melaui MICE,” kata Vinsen.

Ia menambahkan, Tim Percepatan Pengembangan Wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition) juga akan turut berperan aktif dalam rangka kerja sama dengan pelaku MICE di Australia.

Kementerian Pariwisata dalam kesempatan itu, kata Vinsen, akan memfasilitasi 10 industri pariwisata Indonesia untuk mendapat Pre Schedule Appoitment (PSA) dan akan memperoleh daftar “buyers” Australia.

AIME sendiri merupakan event yang bersifat Business to Business (B to B) yang terbesar di kawasan Australia. Sementara wisata MICE Indonesia dianggap mempunyai potensi besar untuk dikembangkan untuk mendukung target kunjungan wisman sebanyak 20 juta orang sampai 2019.

“Indonesia memiliki venue yang sangat baik seperti Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Manado, dan Bali, sehingga Indonesia berpotensi sangat besar untuk merajai wisata MICE di Asia Tenggara,” katanya.

Ia mengatakan, sejumlah kegiatan besar dunia yang pernah digelar di Indonesia menjadi bukti kepercayaan masyarakat dunia untuk melakukan aktivitas MICE di Indonesia.

“Kemenpar telah berpartisipasi pada Kegiatan AIME untuk kedua kalinya,” katanya.

Target wisman mancanegeraDalam ajang AIME sejumlah negara yang turut serta berpartisipasi di antaranya dari kawasan Afrika, Asia, India, Eropa, Amerika Latin, Amerika Utara, Rusia, Timur Tengah, Afrika Utara, dan negara-negara di kawasan pasifik.

“Booth Wonderful Indonesia akan menempati lahan yang kami sewa yakni seluas 50 m2 yang akan didisain dengan fokus bernuansa wisata MICE dilengkapi dengan gambar-gambar yang mewakili destinasi di 3 Greater yakni Batam, Jakarta, dan Bali,” katanya.

Berdasarkan data Kemenpar, jumlah kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia pada 2015 tercatat 1.051.141 wisatawan atau terjadi penurunan sekitar 2 persen dibandingkan 2014 sebesar 1.098.383. Meski begitu melalui promosi yang semakin gencar, Kemenpar optimistis target untuk mendatangkan wisatawan Australia sebesar 1.816.000 orang pada 2017 akan tercapai.

Editor : Dede Murdy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here