Keragaman

Yuk, Lihat Bunga Raksasa Mekar di Mekarsari

Awal Agustus 2018 kuncup bunga raksasa titan arum (bunga bangkai, corpse flower, Amorphophallus titanum); muncul dari salah satu umbi dorman koleksi Taman Buah Mekarsari. Senin 13 Agustus 2018, kuncup bunga titan arum itu sudah setinggi 160 meter.

Diperkirakan bunga raksasa itu akan mekar di Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat; enam hari lagi Minggu 19 Agustus 2018. Titan arum merupakan bunga raksasa, dengan rekor tertinggi yang dicatat  Guinness World Records mencapai 3,1 meter. Spesimen Titan Arum tertinggi ini mekar di Winnipesaukee Orchids, di  Gilford, New Hampshire, Amerika Serikat pada 18 Juni 2010. Bunga titan arum juga memegang rekor umbi paling berat di dunia. Rekor umbi terberat sampai sekarang masih dipegang oleh titan arum Kebun Raya Edinburgh, Skotlandia, Inggris; seberat 153,9 kilogram setelah dipelihara selama tujuh tahun.

Titan arum disebut bunga bangkai, karena pada saat mekar penuh, kelenjar di tongkol bunga (spadix) akan mengeluarkan zat-zat dimethyl trisulfide, dimethyl disulfide, trimethylamine, isovaleric acid, benzyl alcohol, phenol, dan indole yang berbau busuk. Bau ini akan menarik serangga, terutama lalat untuk membantu polinasi. Sebenarnya yang berbau busuk bukan hanya bunga titan arum, melainkan semua spesies dalam genus Amorphophallus. Di seluruh dunia terdapat 198 spesies Amorphophallus. Selain titan arum, Taman Buah Mekarsari juga mengoleksi beberapa spesies Amorphophallus. Di antaranya suweg, Amorphophallus paeoniifolius; dan iles-iles (porang), Amorphophallus muelleri.

Sebutan bunga bangkai tidak hanya digunakan terhadap genus Amorphophallus, melainkan juga untuk spesies dalam genus Rafflesia. Terutama Rafflesia arnoldii, yang juga dikenal sebagai bunga raksasa karena ukurannya. Karena  sama-sama disebut bunga bangkai, masyarakat bahkan media massa sering keliru menyebut titan arum sebagai Rafflesia ardoldii. Terlebih dua jenis bunga yang berlainan famili ini; selain sama-sama disebut bunga bangkai; juga sama-sama berasal dari bagian barat Pulau Sumatera. Bedanya, genus Amorphophallus sudah dibudidayakan secara massal sebagai tanaman pangan dan tanaman hias. Sementara Rafflesia baru bisa dibungakan di luar habitat aslinya oleh Kebun Raya Bogor. Itu pun baru spesies Rafflesia padma.

Di Taman Buah Mekarsari bunga titan arum tercatat sudah beberapa mekar. Termasuk yang akan mekar pada bulan Agustus 2018 sekarang ini. Sampai sekarang. Pemerintah Indonesia masih memberikan status dilindungi terhadap titan arum. Tetapi dalam kenyataannya, hampir semua kebun raya di kota-kota besar dunia; telah mengoleksi titan arum; dan berhasil membungakan bahkan membiakkannya. Siapa pun, sekarang bisa menanam titan arum, dari benih berupa biji yang diperjualbelikan secara bebas melalui situs-situs penjualan online. Yang sampai sekarang masih dilarang pemerintah, hanyalah mengambil spesimen dari alam aslinya.

Meskipun biji titan arum sudah diperjualbelikan secara online; tetap tak banyak orang yang bisa menanam dan membudidayakannya. Sebab untuk membungakannya diperlukan jangka waktu paling sedikit selama tujuh tahun. Selain itu umbi titan arum juga peka terhadap kekeringan maupun air yang menggenang. Dalam minggu ketiga bulan Agustus ini, silakan datang ke Taman Buah Mekarsari, untuk melihat proses mekarnya bunga titan arum. Ini merupakan peristiwa langka, dan kebetulan juga bertepatan dengan HUT Kemerdakaan RI ke 73. Taman Buah Mekarsari terbuka untuk umum setiap hari, antara pukul 09:00 sampai dengan pukul 17:00 WIB .

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close