Pameran_Kain_Tenun_Ende_Flores

Beautifulindonesia.news – Kain tenun Ende, salah satu hasil seni karya yang sedang trend di kalangan masyarakat saat ini, kembali dipamerkan secara resmi  dalam tajuk “Pameran Pesona dan Budaya Ende” oleh Komunitas Peduli Wastra Indonesia di Museum Tekstil, 14 – 20 Desember 2016.

Para pecinta kain di belahan nusantara disuguhkan dengan berbagai corak khas ende. Sinta Kaniawati selaku penggagas Komunitas Peduli Wastra Indonesia mengatakan, akan memperkenalkan kain khas Indonesia tersebut kepada sejumlah negara di Eropa.

“Saat ini, banyak orang yang sangat kagum dengan karya seni kain Ende, termasuk para wisatawan asing yang datang ke Indonesia,” tutur Sinta saat ditemui di Museum Tekstil.

Kendati begitu, ia juga sangat menyanyangkan masyarakat Indonesia yang belum terlalu ‘ramah’ mengenai jenis-jenis kain di Nusantara, termasuk di Ende. Oleh karena itu, dengan diadakannya pameran ini ia ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan para wisatawan asing untuk menggali lebih dalam tentang kayanya kerajinan di Indonesia, terutama di Ende, Flores.

Untuk lebih mengenal seluruh kerajinan yang ada di Flores, Komunitas Peduli Wastra Indonesia juga memiliki cita-cita untuk membuat kain tradisional Indonesia lebih dicintai dan digunakan masyarakat Indonesia dengan terselenggaranya acara ini.

Dalam pameran yang berlangsung seminggu ke depan ini terdapat beberapa kegiatan, di antaranya peragaan busana dan pameran busana kain tenun Ende rancangan desainer Indonesia yaitu Musa Widyatmodjo, juga pameran dan lelang 100 kain tenun Ende koleksi dari Museum Tenun Ende. 

Semua hasil bersih dari lelang atau penggalangan dana akan digunakan sepenuhnya untuk membantu program revitalisasi Museum Tenun Ende dan mendukung program ekonomi kreatif serta pemberdayaan para pengrajin tenun di Kabupaten Ende.

“Jika di tahun mendatang diharapkan program pemberdayaan perajin kain tenun di Ende dapat ditingkatkan serta perajin diperkaya dengan program kesehatan dan nutrisi bagi para keluarganya,” ujar Sinta.

Menurutnya, dukungan Pemerintah Kabupaten Ende dan seluruh Dinas terkait untuk melestarikan Museum Tenun lkat di Ende serta pemberdayaan pengrajin tenunnya menjadi sangat penting, baik dari segi infrastruktur, maupun program pembinaan langsung yang selaras dengan agenda pembangunan daerah. 

Penulis    :  Herwindo

Editor      : Dede Murdy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here